Menghitung Luas Segitiga menggunakan Enkapsulasi

                Baiklah kali ini kita akan belajar Menghitung luas Segitiga dengan Enkapsulasi menggunakan bahasa Pemrograman Netbeans IDE (JAVA). Baiklah langsung saja kita coba praktekkan bagaimana caranya:

1.       Silahkan buku terlebih dahulu Aplikasi Netbeans IDE. Disini saya menggunakan Netbeasn IDE 8.1

2.Jika sudah dibuka,silahkan ketik Kodingannya dibawah ini :

 

package Animasi_Ular;

 

import java.awt.Color;

import java.awt.Dimension;

import java.awt.Graphics;

import java.awt.event.ActionEvent;

import java.awt.event.ActionListener;

import java.util.ArrayList;

import java.util.List;

import javax.swing.JFrame;

import javax.swing.JPanel;

import javax.swing.SwingUtilities;

import javax.swing.Timer;

 

public class Animasi extends JPanel {

 

    private static final int D_W = 1300;

    private static final int D_H = 400;

 

    List<Car> snakes;

 

    @SuppressWarnings({"unchecked", "rawtypes"})

    public Animasi() {

        setBackground(new Color(153, 102, 51));

        setLayout(null);

 

        snakes = new ArrayList();

        snakes.add(new Car(100, 250));

        snakes.add(new Car(150, 100));

        snakes.add(new Car(150,400));

 

        Timer timer = new Timer(60, new ActionListener() {

            public void actionPerformed(ActionEvent e) {

                for (Car car : snakes) {

                    car.move();

                    repaint();

                }

            }

        });

        timer.start();

    }

 

    @Override

    protected void paintComponent(Graphics g) {

        super.paintComponent(g);

        for (Car car : snakes) {

            car.drawCar(g);

        }

    }

 

    @Override

    public Dimension getPreferredSize() {

        return new Dimension(D_W, D_H);

    }

 

    public class Car {

 

        private static final int INCREMENT = 5;

        int x, y;

 

        public Car(int x, int y) {

            this.x = x;

            this.y = y;

        }

 

        public void drawCar(Graphics g) {

            g.setColor(Color.BLUE);//HEAD

            g.fillRect(x, y, 30, 130);

            g.fillRect(x, y, 70, 30);

            //g.fillRect(x, y, -10, 30);

            //g.fillRect(x, y, -10, 30);

            g.setColor(Color.BLUE); // BODY

            //g.fillOval(x + 15, y + 20, 20, 20); //

          

            g.fillRect(x  -70, y + 110, 70, 20); // TAIL

            g.setColor(Color.RED);

             g.fillRect(x + 10, y + 10, 10, 10); // EYE

        }

 

        public void move() {

            if (x == D_W) {

                x = 0;

               

            }            

            else {

            x += INCREMENT;

            }

           

        }

    }

 

    public static void main(String[] args) {

        SwingUtilities.invokeLater(() -> {

            JFrame frame = new JFrame();

            frame.getContentPane().add(new Animasi());

            frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

            frame.setTitle("Ular");

            frame.pack();

            frame.setLocationRelativeTo(null);

            frame.setVisible(true);

        });

    }

}

3.  Jika sudah langsung klik kanan lalu klik Run atau ctrl + f6,maka hasilnya akan muncul

4.    Terimakasih telah berkunjung ke Blogg ini. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Animasi Doraemon menggunakan Free Pascal

Menghitung Luas Segitiga menggunakan Enkapsulasi

Cara Membuat Tabel Biodata Diri Menggunakan HTML